TUTORIAL WINDOWS : Cara Install Aplikasi WhatsApp di Windows PC



Om Swastiastu.
Halo sahabat blogger, bertemu lagi dengan kutubuku-vlog.blogspot.co.id
     Bagi kalian pengguna sosial media, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi messenger yang satu ini. Yap...aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi komunikasi di dunia maya yang cukup populer di kalangan pengguna Smartphone tanah air.

     Kali ini saya tidak akan menjelaskan lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan aplikasi messenger ini, melainkan saya ingin memberikan tutorial bagaimana caranya melakukan installasi aplikasi WhatsApp di komputer kalian.

     Ya, saat ini WhatsApp sudah bisa kalian aplikasikan pada komputer kesayangan kalian dengan fitur-fitur yang tidak jauh berbeda dari WhatsApp versi Mobilenya.

Beberapa syarat sebelum melakukan installasi :

1. Pastikan Smartphone kalian sudah terinstal aplikasi WhatsApp serta kalian sudah melakukan pendaftaran pada smartphone agar dapat menggunakan aplikasi ini.
2. Smartphone dan Komputer kalian wajib terkoneksi dengan internet baik itu melalui paket data ataupun WiFi.
3. Download terlebih dahulu aplikasi WhatsApp untuk Komputer kalian melaui situs resminya.

https://www.whatsapp.com
https://www.whatsapp.com

4. Pilih tab DOWNLOAD pada bagian atas web


5. Unduh aplikasinya sesuai dengan OS yang kalian gunakan. (Windows x86 or x64 / Mac)

Link DOWNLOAD :
OS Windows 8 or higher x86 (32bit)
OS Windows 8 or higher x64 (64bit)
Mac OS X 10.9 and higher

6. Jalankan installer WhatsApp yang sudah kalian download tadi dan lakukan proses installasi.
Proses installasi aplikasi WA di Komputer

7. Jika sudah selesai, makan jendela aplikasi WhatsApp akan otomatis terbuka

WhatsApp on Windows

8. Kalian wajib melakukan sinkronisasi aplikasi WhatsApp pada komputer dengan yang ada di Smartphone. Untuk caranya, silahkan ikuti langkah - langjkah di bawah ini :

8a. Buka aplikasi WhatsApp pada smartphone kalian
8b. Pilih Options di pojok kanan atas
8c. Lalu pilih WhatsApp Web

Options - WhatsApp Web
8d. Setelah menu Scan Code terbuka, kalian pilih OK, GOT IT

OK, GOT IT
8e. Masih pada aplikasi WhatsApp di smartphone kalian, lakukan scan code barcode yang tertera pada aplikasi WhatsApp di Komputer menggunakan kamera smartphone.

Scan code Barcode melalui smartphone
8f. Jika berhasil, maka secara otomatis aplikasi WA pada komputer akan terhubung dengan aplikasi WA pada smartphone kalian.

WhatsApp untuk komputer
9. Jika kalian ingin mengintegrasikan smartphone dengan ID WhatsApp yang berbeda kalian tinggal pilih LogOut pada aplikasi WA di komputer.

Log Out WhatsApp di komputer
10. Dan lakukan kembali langkah pada no 8 diatas.

PERHATIAN : Setiap kalian ingin menggunakan aplikasi WA ini pada komputer, Smartphone kalian WAJIB dalam keadaan hidup dan terkoneksi ke internet.
     Sampai saat ini, saya pribadi belum menemukan bagaimana caranya melakukan Voice Call ataupun Video Call pada aplikasi WhatsApp di komputer.

     Entah itu dikarenakan saya belum memiliki hardware WebCam dan Microphone sehingga fitur Voice/Video Call tidak dapat di gunakan atau memang dari pihak developernya sendiri belum menyematkan fitur ini.

     Jika diantara kalian para pengunjung setia https://kutubuku-vlog.blogspot.com menemukan cara untuk melakukan Voice / Video Call pada aplikasi WhatsApp di komputer, atau kalian memiliki pertanyaan seputar tulisan ini, silahkan tinggalkan komentar kalian dan dengan senang hati, saya akan membalasnya.

Semoga dengan tulisan kali ini dapat menambah informasi bagi kalian dan KUTUbuku ucapkan terimaksih sudah berkunjung ke blog ini.


Silahkan tinggalkan komentar kalian dan nantikan informasi lainnya hanya di


Kunjungi juga Channel Youtube KUTUbuku-vlog untuk totorial lainnya dan jangan lupa Like & Subscribe channelnya KUTUbuku-vlog.

Om Shanti, Shanti, Shanti, Om

Posting Komentar